Senin, 23 Maret 2015

Bode Plot


     Diagram Bode atau diagram logaritmik merupakan suatu fungsi alih sinusoida yang terdiri dari dua buah grafik yang terpisah. Satu merupakan diagram dari logaritma besar fungsi alih sinusoida (magnitude), dan yang satunya lagi merupakan diagram sudut fasa. Keduanya digambar terhadap frekuensi dalam skala logaritmik.  Bode Plot juga menunjukkan gain dan respon fase dari sistem LTI untuk frekuensi yang berbeda, umumnya digunakan dengan Fourier Transform dari sistem tertentu.

     Bode Plot memplotkan transfer function. Dimana transfer function merupakan bilangan kompleks, dan magnitude serta fasanya di plotkan (dalam koordinat polar). Pada bode plot ini juga terdapat variable ω. Plot magnitude memiliki satuan dB dari transfer function pada sumbu vertikal. Plot fasa memiliki satuan derajat (degree) pada sumbu vertikal pula. 

     Sebagai contoh, sebuah sinyal Asin(ωt) dilemahkan dan juga di geser fasanya. Jika sistem dilemahkan oleh suatu faktor x dan pergeseran fasa oleh  maka sinyal output akan menjadi 


Persamaan umum Bode Plot
Jika kita memiliki transfer function dengan pole dan zero:


Dimana persamaan atas dan bawah memiliki bentuk , kita dapat menyusun persamaan menjadi :

Sehingga, persamaan umum Bode Plot yaitu: 
                                                              




Contoh Bode Plot (Plot Magnitude dan Fasa)



Respon frekuensi dari suatu sistem, yang dapat disusun baik dengan pendekatan perhitungan manual, maupun dengan software, dipengaruhi oleh beberapa komponen dalam sistem fungsi alih yang berpengaruh sebagai berikut :
1. Gain konstan
2. Pole dan zero yang terletak pada titik awal (origin)
3. Pole dan zero yang tidak terletak pada titil awal.
4. Pole dan zero kompleks
5. Waktu tunda (Delay Time) ideal





Tidak ada komentar:

Posting Komentar